Program Perumahan MBR program sejuta rumah untuk rakyat

Nama Panggilan :
Alamat Email :

program perumahan mbr

Program nasional sejuta rumah rakyat yang dari pemerintah ini mempunyai tujuan untuk menyediakan rumah tinggal bagi 13,5 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah layak, sehingga semakin banyak rakyat Indonesia yang memiliki rumah layak huni. Selain itu program ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kekumuhan permukiman di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga diharapkan tidak akan ada lagi pemukiman kumuh di kolong jembatan, bantaran kali, kuburan cina, dan sepanjang rel kereta api.

Harga Rumah yang Ditawarkan

Harga Rumah

Pemerintah sudah menetapkan batas harga jual rumah yang akan mendapat fasilitas pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dibagi dalam 9 zona di Indonesia ini. Provinsi yang akan dibangun sejuta rumah ini antara lain: DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Harga di masing-masing provinsi berbeda untuk masing-masing unitnya.

Contohnya: harga jual 1 unit rumah di kawasan Jabodetabek maksimal Rp120 juta, di Jawa (selain Jabodetabek) RP105 juta, di Sumatera (selain Babel) Rp105 juta, di Kalimantan Rp118 juta, Sulawesi Rp110 juta, dan paling mahal di Papua serta Papua Barat seharga Rp165 juta.

Keunggulan Program Sejuta Rumah

Pembangunan Perumahan

Pembangunan Rumah via properti.net

 

Selain bebas PPN, pemerintah juga akan memberikan beberapa insentif lain bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah supaya dapat membeli rumah rakyat ini. Misalnya dengan memberikan subsidi pemerintah untuk sejuta rumah bagi rakyat. Sehingga program ini mempunyai keunggulan dibandingkan perumahan biasa.

Keunggulan Pertama Program Sejuta Rumah adalah uang mukanya. Uang muka Program Sejuta Rumah ini hanya 1% dari total harga keseluruhan. Besaran uang muka ini lebih rendah dibandingkan dengan harga uang muka dari perumahan komersial biasanya. Uang muka perumahan komersial biasanya sebesar 20%-30% dari total harga, sehingga membuat harga rumah komersial sangat sulit dijangkau masyarakat menengah ke bawah. Dengan adanya Program Sejuta Rumah ini, diharapkan masyarakat Indonesia lebih mudah memiliki rumah sendiri karena uang mukanya yang sangat ringan.

Keunggulan Kedua Program Sejuta Rumah adalah besaran bunga Kredit Pemilikan Rumah yang harus dibayar. Bunga Program Sejuta Rumah ini hanya sebesar 5%. Biasanya perumahan komersial mempunyai bunga sebesar 7,5%. Kemudahan lainnya adalah, masyarakat bisa mengambil tenor pembayaran kredit relatif lama sampai dengan 20 tahun, dengan angsuran sebesar Rp500 ribu sampai Rp600 ribu perbulannya. Ini cukup ringan dibandingkan dengan angsuran membeli rumah komersial atau untuk membayar angsuran pinjaman di bank. Keunggulan tersebut dapat diperoleh semua masyarakat Indonesia yang dapat memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

untuk para developer yang ingin mengikuti program ini sangatlah mudah tapi harus memenuhi kriteria dan sudah menguasai dasar ilmu pengembang perumahan bersubsidi, bagi mereka yang belum tau bisa mengikuti kelas atau workshop yang diadakan oleh para asosiasi yang sudah direkomendasikan, dari sekian asosiasi yang menyelengarakan pembimbingan kami merekomendasikan untuk mengikuti workshopnya disini http://www.workshopproperti.com

Nama Panggilan :
Alamat Email :

Leave a Reply